Adiwiyata Tingkat Kota Cirebon 2021
PROGRAM KERJA
A.
Latar Belakang
Pendidikan sebagai upaya dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya adalah
mutlak keberadaaannya. Suatu bangsa tidak akan pernah bisa melepaskan atau
mengabaikan masalah pendidikan. Artinya Pendidikan sangat penting dalam membawa
suatu bangsa menuju kejayaan, keberadaban dan kemuliaan. Sebagai wujud tanggung
jawab pendidik terhadap generasi yang akan datang, sepantasnyalah perlu
memberikan teladan serta pendidikan yang baik dan bertanggung jawab. Dan adanya
pendidikan yang merubah perilaku generasi sekarang agar nantinya mampu
mempunyai kepedulian terhadap lingkungan pada dunia pendidikan mulailah
muncul dengan ditandainya momentum-momentum dari pemerintah pusat melalui
beberapa kementrian dengan program kepedulian lingkungan yang diwujudkan dalam
perundang-undangan
Dengan melaksanakan program Adiwiyata akan menciptakan warga sekolah,
khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus
mendukung dan mewujudkan sumberdaya manusia yang memiliki karakter bangsa
terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam mencapai ketahanan
pangan yang mandiri dan bertanggung jawab atas lingkungan sekitar.
B. Tujuan
ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan.
1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompentensi dasar dan standar
kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. Menyebar luaskan Pelaksanaan
Konsep Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 4 Cirebon ke seluruh Warga masyarakat agar
mereka semua lebih mengenal secara dekat dengan Salah satu
Sekolah yang mendukung program Kementerian Lingkungan hidup dalam upaya
melestarikan lingkungan.
2. meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui
penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar
yang lebih nyaman dan kondusif.
4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan
pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan
masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui
kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi
lingkungan di sekolah.
Komentar
Posting Komentar